Custom Search

ti.co.id

Sabtu, 13 Agustus 2011

cara Mengatasi Sembelit

“Kenapa ya?, nafas saya baunya kurang sedap. Sampai-sampai , semua teman enggan duduk berdekatan......,” keluh seoarang mahasiswi “ Padahal saya sudah memakai pasta gigi yang seharum bunga,” tambahnya.
Dari tanya jawab dan pemeriksaan , tak ada kesan bahwa mahasiswi ini mengidap suatu penyakit. Giginyapun seindah mutiara, tak ada yang rusak. Hanya wajahnya yang tampak kurang cerah.
Setelah ditanya ternyata sudah 4 hari tidak buang air besar. Akhirnya terungkaplah, bahwa nafas sang nona manis yang biasanya seharum bunga dan kini berbau busuk itu disebabkan oleh sembleit yang dideritanya ia sudah 4 hari tidak buang air besar.
Karena apa ?? karena ampas yang baunya luar biasa itu bisa lari kerongga mulut karena mengguap. Disamping bau mulut yang busuk, feses yang dibiarkan berlama- lama dibiarkan berlama – lama didalam perut akan menjadi padat dan keras, sebab kandungan airnya semakin berkurang . Akibatnya “ dia “ mirip yang keras dan kasar. Padahal selaput lendir dubur itu sangat halus sehingga feses yang keras dan kasar itu dapat melukai dinding dubur sampai berdarah....gimana kebayang tidak betapa sakitnya....
Sembelit memang sering menimbulkan kesulitan. Orang yang sering sembelit tentu merasa iri kepada mereka yang dengan teratur pergi kebelakang. Banyak yang mudah membuang kotoran kapan saja mau. Ada yang bahkan terlalu peka , salah makan sedikit sudah mencret-mencret.
Mereka yang sudah terbiasa rasanya seperti masih punya hutang kalau belum menunaikan tugasnya “ alias nongkrong disklosed setiap pagi”. Ada pula yang membiasakan dua kali sehari, pagi dan sore paling praktis adalah sekali sehari pada pagi hari.
Kecuali menyangkut soal kebiasaan , ternyata pola makanan dan aktivitas fisik sehari – hari ikut mempengaruhi . itu lah sebabnya sembelit seringkali diderita oleh orang – orang tertentu saja.
Buah - buahan
Cara yang paling baik dan mudah untuk mengatasi sembelit, adalah mengatur makanan kita sehari – hari . Buah – buahan . dan sayur – sayuran dapt membantu mengatasi sembelit . tapi jangan buah salak dan buah jambu biji karena akan memperberat sembelit. Pepaya , pisang , dan jeruk dapat dipilih.
Kebiasaan makan buah – buahan sehabis makan , sering diabaikan . sehingga sembelit bukan saja menyerang mereka yang “ berbakat “ sukra buang air besar , tetapi juga mereka yang biasanya “lancar” . sayur – sayuran juga harus dimasukkan dalam daftar menu setiap hari . Keduanya mengandung serat yang membantu memperlancar buang air besar.
Namun itu semua tidaklah lebih penting dibandingkan tekad untuk mengubah kebiasaan hidup sehari hari beberapa saran diatas tiada artinya bila hanya dilakukan kadang – kadang saja . jika berhasil mengubahnya maka sembelitpun akan mudah diatasi hanya dengan makan buah – buahan , sayur – sayuran , minum air putih , dan gerak badan setiap hari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

download