Custom Search

ti.co.id

Jumat, 17 Juni 2011

Program Pendidikan Profesi Guru (PPG)

Menurut UU No 20/2003 tentang SPN pendidikan profesi adalah pendidikan tinggi setelah program sarjana yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan persyaratan keahlian khusus. Dengan demikian program PPG adalah program pendidikan yang diselenggarakan untuk lulusan S-1Kependidikan dan S-1/D-IV Non Kependidikan yang memiliki bakat dan minat menjadi guru, agar mereka dapat menjadi guru yang profesional sesuai dengan standar nasional pendidikan dan memperoleh sertifikat pendidik.
Mengacu pada UU No. 20/2003 Pasal 3, tujuan umum program PPG adalah menghasilkan calon guru yang memiliki kemampuan mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Tujuan khusus program PPG seperti yang tercantum dalam Permendiknas No 8 Tahun 2009 Pasal 2 adalah untuk menghasilkan calon guru yang memiliki kompetensi dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran; menindaklanjuti hasil penilaian, melakukan pembimbingan, dan pelatihan peserta didik serta melakukan penelitian, dan mampu mengembangkan profesionalitas secara berkelanjutan.
Selengkapnya baca RINnI.
Baca juga:
  1. Program Sarjana (S-1) Kependidikan bagi Guru dalam Jabatan.
  2. Portofolio Pengakuan Pengalaman Kerja dan Hasil Belajar (PPKHB).
  3. Program Pendidikan Profesi Guru (PPG).
  4. Informasi umum program Tahun 2010.

Sumber: Materi Rakor Penyelenggaraan Program Sarjana (S-1) KependidikanBagi Guru Dalam Jabatan dan Sosialisasi Awal Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Tahun 2010, Hotel Clarion Makassar, 20-22 April 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

download